Penjelasan SehatQ.com Tentang Cara Mengobati Luka Memar

Penjelasan SehatQ.com Tentang Cara Mengobati Luka Memar

Selain dikarenakan benturan keras, kemunculan memar disebabkan olahraga yang terlalu berat, keseleo atau terjatuh. Tidak saja terjadi perubahan warna pada kulit, memar pun biasanya terasa nyeri. Sebagian orang yang luka memar akan merasakan nyeri dalam waktu yang lama atau paling tidak dua hingga tiga minggu — rasa nyeri baru hilang.

Penjelasan Dokter

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar warna memar yang muncul bisa hilang sekaligus ‘mengusir’ rasa nyeri dengan cepat. Pembaca … Silakan Anda simak Penjelasan SehatQ.com Tentang Cara Mengobati Luka Memar berikut ini.

Bagaimana Mengobati Luka Memar Akibat Kecelakaan

Mengutip pernyataan dari salah seorang tim dokter di sehatq.com, dr. Vina Liliana – menyebutkan bahwa, “Memar adalah tanda merah kebiruan pada kulit yang biasanya muncul akibat benturan pada kulit. Meski tidak mengalami benturan, kulit juga bisa memar akibat pembuluh darah yang rapuh atau adanya gangguan pembekuan darah. Memar ini bisa terjadi akibat benturan dan akan menyebabkan pembuluh darah kecil yang ada di kulit pecah dan mengalami perdarahan. Semakin kencang benturannya maka semakin banyak pula pembuluh darah yang pecah dan akan semakin biru atau kehitaman memarnya akibat banyaknya perdarahan.”

Sebagai langkah pertolongan pertama pada luka memar, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Kompres menggunakan es batu

Pengompresan memar menggunakan es batu terbilang mampu mengurangi aliran darah di sekitar luka. Sebab pendinginan pembuluh darah ini membantu mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan di sekitarnya. Langkah kompres menggunakan es batu ini bisa mengantisipasi semakin tampaknya rona kebiruan serta mengurangi pembengkakan.

Artikel Lain :  5 (poin) MAKLUMAT PELAYANAN Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung
Hindari Menekan Luka Memar

Penderita memar tidak jarang mengamati lukanya tersebut dan tidak jarang pula menekan-nekan sekitar luka yang memar. Alih alih sembuh, bila kita menekan-nekan di sekitar luka memar akan membuat semakin banyaknya pembuluh darah yang pecah. Maka agar lekas sembuh, hindari menekan luka memar.

Kompres Memar dengan Lidah Buaya

Upaya lain yang bisa dilakukan bagi Anda yang hendak mengobati luka memar akibat kecelakaan adalah dengan mengompresnya dengan lidah buaya. Sebab aloe vera atau lidah buaya terbilang ampuh mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat luka.

Kompres dengan Air Hangat

Pada hari ke-3, penderita luka memar akibat kecelakaan bisa mengompresnya dengan air hangat. Sebab kompres dengan air hangat pada luka memar mampu membantu penderita memperlancar aliran darah, mempercepat perubahan warna kulit agar kembali seperti semula.

Berapa Lama Memar Akan Hilang?

Umumnya memar akan menghilang dalam 1 sampai 2 minggu, semakin hitam warna dari luka memar maka akan semakin membutuhkan waktu pemulihan yang lama. Perlu diketahui, luka memar yang menghitam akan memerlukan sekira 3 minggu lamanya untuk bisa kembali ke warna kulit normal.

Untuk Anda yang tengah berupaya menyembuhkan luka memar dan tidak sembuh-sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter guna memastikan kondisi sebenarnya.

Mengenal Penyakit Ekimosis

Memar selain timbul disebabkan benturan keras, olahraga yang terlalu berat, keseleo atau kecelakaan — bisa juga disebabkan karena penyakit gangguan pendarahan. Luka memar tersebut pun bisa disertai dengan gejala lainnya, seperti: mimisan berulang-ulang, menstruasi yang tidak teratur (sangat panjang) serta sulitnya menghentikan pendarahan yang terjadi.

Penjelasan dokter tentang Ekimosis

Mengutip dari tulisan yang ditinjau langsung oleh dr. Karlina Lestari dijelaskan bahwa, “Ekimosis merupakan pendarahan di bawah kulit berupa bintik ungu gelap berukuran lebih dari 1 cm. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami cedera yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah.”

Artikel Lain :  Cara Mudah Cetak Spanduk Online di Soreang
Gejala Ekimosis

Gejala ekimosis yang paling utama yaitu adanya perubahan warna kulit menjadi ungu, hitam, atau biru dengan ukuran lebih dari 1 cm. Ketika area ini disentuh akan terasa menyakitkan (menjadi sensitif). Ekimosis pada umumnya akan menghilang di saat tubuh menyerap kembali darah yang terkumpul di bawah kulit.

Penjelasan SehatQ.com Tentang Cara Mengobati Luka Memar

Cara Mengilangkan Luka Memar Penyakit Ekimosis [internet]
Cara Mengilangkan Luka Memar Penyakit Ekimosis [internet]
Proses Menghilangnya Ekimosis

Berikut beberapa tahap proses menghilangnya ekimosis sehingga tubuh kembali menyerap darah di bawah kulit.

  1. Merah atau ungu (tahap pertama),
  2. Hitam atau biru (tahap kedua),
  3. Coklat (tahap ketiga),
  4. Kuning kehijauan (tahap keempat),
  5. Kembali ke kulit normal.
Cara Mengobati Penyakit Ekimosis

Normalnya, ekimosis akan sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 2 sampai dengan 3 minggu lamanya. Cedera seperti patah tulang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Ada jamak cara yang dapat dilakukan guna mempercepat proses penyembuhannya, seperti:

  • Kompres area luka dengan es selama 24 hingga 48 jam pertama setelah terjadi cedera.
  • Tubuh yang terkena ekimosis diistirahatkan.
  • Anggota tubuh yang terluka diangkat posisi menjadi lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembengkakan yang menyakitkan.
  • Pasang atau tempel heat pack beberapa kali selama 48 jam setelah cedera.
  • Minum obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen agar membantu mengurangi pembengkakan yang menyakitkan.

Kemunculan satu atau dua luka memar pada tubuh boleh dikatakan tidak serius. Sebaliknya, ketika tubuh mengalami luka memar dan muncul dalam jumlah yang banyak barulah ini masalah serius. Segera periksakan kondisi serius tersebut ke dokter guna mendapatkan hasil diagnosa serta penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.