Ilustrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung

Ketidakpastian jaminan hukum atas kepemilikan tanah seringkali berujung menjadi sengketa serta perseteruan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Bandung. Hal ini terjadi tidak saja di kalangan lingkungan terkecil, seperti keluarga, namun tidak jarang dijumpai pula di kalangan penentu kebijakan — sebut saja; pengusaha, BUMN dan pemerintah.

Kondisi seperti ini membuktikan bahwa sertifikat tanah sebagai bukti hukum kepemilikan menjadi sangat penting. Untuk itu pemerintah mengambil sikap guna menanggulangi persoalan tersebut dengan menerbitkan Program Prioritas Nasional berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021.

Dan di Kabupaten Bandung program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 sedang dilaksanakan. Diawali pada awal Nopember 2020, di tengah wabah Pandemi Covid-19, Presiden RI Joko Widodo melakukan penyerahan 5000 sertifikat tanah di Kabupaten Bandung yang dilakukan secara virtual. Acara ini berlangsung melalui proses protokol kesehatan dengan mengirimkan perwakilan dari masing-masing wilayah yang berjumlah 15 orang perwakilan. Adapun 5 orang perwakilan hadir tatap muka di Gedung Moh.Toha, Komplek Pemkab Bandung, Soreang.

Guna mensukseskan program pemerintah ini, maka sekarang dibuka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung untuk desa-desa tertentu yang berada di wilayah 8 kecamatan.

8 Kecamatan Kabupaten Bandung yang Berkesempatan Melakukan Pendaftaran PTSL 2021

Kecamatan Cikancung

Desa-desa yang ada di Kecamatan Cikancung ini antara lain;

  1. Tanjunglaya,
  2. Mandalasari,
  3. Mekarlaksana,
  4. Srirahayu,
  5. Cihanyir,
  6. Cikancung dan
  7. Hegarmanah.
Artikel Lain :  Panduan Pembayaran PNBP di Soreang Kabupaten Bandung

Kecamatan Pacet

Desa-desa yang diberikan kesempatan mendaftarkan program PTSL di Kecamatan Pacet ini antara lain;

  1. Mekarsari,
  2. Cinangela,
  3. Mekarjaya,
  4. Mandalahaji,
  5. Cipeujeuh,
  6. Cikitu,
  7. Cikawao,
  8. Sukarame,
  9. Nagrak dan
  10. Tanjungsari.

Kecamatan Paseh

Desa-desa yang berada di wilayah kecamatan Paseh adalah;

  1. Cigentur,
  2. Cipedes,
  3. Cipaku,
  4. Sukamanah,
  5. Mekarpawitan,
  6. Sukamantri,
  7. Tangsimekar,
  8. Cijagra,
  9. Loa dan
  10. Sindangsari.

Kecamatan Ciwidey

Di Kecamatan ini meliputi desa-desa:

  1. Lebakmuncang,
  2. Sukawening dan
  3. Panundaan.

Kecamatan Solokanjeruk

Di Kecamatan ini meliputi desa-desa:

  1. Bojongemas dan
  2. Solokanjeruk

Kecamatan Ibun

Di kecamatan Ibun meliputi desa-desa:

  1. Karyalaksana,
  2. Neglasari,
  3. Ibun,
  4. Lampegan dan
  5. Cibeet.

Kecamatan Pasirjambu

Kecamatan Pasirjambu meliputi desa-desa:

  1. Cisondari,
  2. Sugihmukti,
  3. Cikoneng dan
  4. Cukanggenteng.

Kecamatan Pameungpeuk

Hanya ada satu desa di kecamatan Pameungpeuk, yaitu; Bojongmanggu yang diberikan kesempatan mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung.

Apa Itu PTSL?

PTSL merupakan upaya pemerintah guna membantu masyarakat dalam memproses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak. Proses PTSL ini meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung
Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung

Program PTSL ini tertuang dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018. Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan.

Tahukah Anda? Saat ini dari 126 juta bidang tanah di Indonesia, sebanyak 51 juta bidang tanah telah terdaftar. 79 juta bidang tanah sisanya menjadi target kegiatan pendaftaran tanah, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Itulah sekilas informasi tentang program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 Kabupaten Bandung dalam rangka mengikuti anjuran pemerintah dalam memastikan penerima sertifikat tepat sasaran, yakni para nelayan dan petani serta masyarakat lainnya agar mereka dapat memulai peningkatan kualitas hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.