Bimbingan Teknis "Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang"

Berita Lintas Daerah : Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang”

Selama tiga hari berturut-turut, bertempat di lantai dua Hotel Brits Karawang sudah dilaksanakan Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang” (22 hingga 24 Februari 2021). Tujuan dari Bimbingan Teknis ini adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khususnya anak-anak muda yang terpilih mengikuti acara tersebut.

Materi yang diberikan dalam Bimbingan Teknis antara lain peningkatan keterampilan public speaking, penerapan pemasaran online menggunakan Google My Business, membuat konten video produk dan optimalisasi website.

Public Speaking

Peserta Bimtek di hari pertama (Senin, 22 Februari 2021) dibekali keterampilan untuk mampu tampil dan berbicara di depan publik. Teori dan praktek skill Public Speaking ini disampaikan oleh Dzulfikar yang diikuti dengan antusias oleh peserta bimtek.

Dzulfikar-Bimbingan-Teknis-Milenial-Maju-dan-Sukses-Bersama-Korporasi-Petani-Demfarm-Karawang
Dzulfikar saat memberikan materi skill public speaking di Bimbingan Teknis kemarin (22/2) di Hotel Brits Karawang Barat.

Peserta bimtek merupakan anak-anak muda pilihan dari Kabupaten Karawang yang ditunjuk menjadi admin-admin yang diharapkan mampu memasarkan komoditas pertanian seperti beras dan sayuran yang terdapat di Karawang.

Implementasi Digital Marketing 

Keesokan harinya (Selasa, 23/2) acara Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang” dilanjutkan dengan pemberian teori dan praktek Digital Marketing menggunakan platform Google My Business.

Materinya sendiri disampaikan oleh Kang Adetruna yang merupakan seorang fasilitator Gapura Digital bersertifikat. Pada sesi ini, peserta diasah kemampuan memasarkan bisnis baik itu jasa atau produk serta diajak untuk memahami kenapa hari ini harus bisnis online.

ADETRUNA-Bimbingan-Teknis-Milenial-Maju-dan-Sukses-Bersama-Korporasi-Petani-Demfarm-Karawang
ADETRUNA tengah menjelaskan alasan kenapa hari ini semua pebisnis harus go online saat ingin memasarkan bisnis baik itu produk atau jasa.

Pemanfaatan Media Sosial bagi Bisnis 

Di hari terakhir (Rabu, 24/2) semua peserta masih melanjutkan acara Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang”. Materi yang diberikan adalah Pemanfaatan Sosial Media Bagi Bisnis.

Artikel Lain :  Penjelasan SehatQ.com Tentang Cara Mengobati Luka Memar

Diawali dengan tampilnya Kang Arul Pakar Media Sosial dengan banyak karya yang sudah diciptakannya berupa buku-buku ilmiah seputar Media Sosial. Kang Arul memberikan penguatan saat mempraktekkan bisnis menggunakan media sosial. 

KANG-ARUL-Bimbingan-Teknis-Milenial-Maju-dan-Sukses-Bersama-Korporasi-Petani-Demfarm-Karawang
Kang Arul memberikan penguatan saat mempraktekkan bisnis menggunakan media sosial.

Membangun Konten Bisnis Menggunakan Aplikasi Canva

Usai Kang Arul, peserta diajak untuk memiliki bekal keterampilan membangun konten saat menjalankan bisnis online. Dengan menggunakan aplikasi Canva dan video Quik, Kang Kholis – selaku pemateri memberikan pencerahan bahwa tidak ada yang sulit bagi setiap orang ketika berniat membangun konten bisnis.

MH-KHOLIS-Bimbingan-Teknis-Milenial-Maju-dan-Sukses-Bersama-Korporasi-Petani-Demfarm-Karawang
Kang Kholis memberikan pencerahan bahwa tidak ada yang sulit bagi setiap orang ketika berniat membangun konten bisnis di Medsos.

Memasarkan Produk Demfarm Karawang di Website

Tidak berhenti pada penggunaan Media Sosial untuk memasarkan bisnis. Semua peserta pun dilatih untuk memasarkan bisnis khususnya produk Demfarm Karawang di Website. Kang Punto – selaku pemateri menjelaskan agar peserta bisa menjadi kontributor sebagai pembuat konten baik tulisan ataupun video di website Demfarm Karawang.

PUNTO-WICAKSONO-Bimbingan-Teknis-Milenial-Maju-dan-Sukses-Bersama-Korporasi-Petani-Demfarm-Karawang
PUNTO WICAKSONO menegaskan pentingnya peran aktif dari pelaku bisnis Demfarm Karawang untuk membangun konten di website.

Apa Itu Demfarm Karawang?

Demfarm merupakan akronim untuk Demontration Farm, maksudnya proyek percontohan cara bertani secara korporasi. Lokasi proyeknya berada di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang yang memiliki luas 1000 hektar.

Demfarm Karawang memiliki misi membimbing dan memotivasi para petani Karawang membentuk gabungan kelompok petani. Tujuan akhirnya para petani yang tergabung memiliki skill berpikir pertanian secara modern, menggunakan aplikasi modern, mengelola pascapanen secara modern serta memasarkan produk-produk hasilnya ke industri retail secara online dengan suatu manajemen yang baik.

Atas dasar misi tersebut dilaksanakan bimbingan teknis dengan target mampu menguasai dan mempraktekkan skill yang didapatkan. Odang salah satu peserta pelatihan mengungkapkan testimoninya usai mengikuti Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang.

“Saya merasa senang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan praktek khususnya pengetahuan digital marketing. Semoga saya dapat mengoptimalkan bisnis pertanian di online,” ungkap Odang.

Begitu pula dengan Hani, salah seorang peserta perempuan yang juga menjadi peserta bimbingan teknis, “Saya sangat bersyukur sekali kepada tuhan karena telah memberi kesempatan kepada saya sehingga saya bisa mengikuti bimtek ini.”.

Artikel Lain :  5 (poin) MAKLUMAT PELAYANAN Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung

Ade Fahrijal petugas PUPT Kecamatan Jayakerta merasa puas, “Saya akhirnya menambah wawasan mengenai public speaking dan digital marketing.”

Nur Aska pun mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya. “Bagaimana ilmu komunikasi yang saya dapatkan bisa saya lakukan untuk mesosialisasikan Demfarm Karawang.”

“Harapannya peserta yang terdiri dari anak-anak muda milenial ini memiliki minat yang besar di bidang pertanian dan mampu menjadi penggerak bisnis Demfarm Korporasi Karawang yang bernaung di bawah korporasi Demfarm,” ucap Prima Luna, Ph.D., selaku Penanggung Jawab Kegiatan Demfarm Korporasi Karawang di penghujung acara Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang”.

Dari sisi hasil produksi, Ibu Luna (panggilan akrabnya-red) menegaskan upaya hasil komoditas yang lebih baik lagi seperti low pesticide di masa-masa mendatang. 

“Peluang untuk aktif di sektor pertanian korporasi Demfarm ini luas, sebab korporasi pertanian tidak sebatas di Karawanga saja. Teman-taman yang sekarang dibekali BIMTEK sekarang ini (Rabu, 24 Februari 2021-red), akan direkomendasikan.”

“Bisa saja dikirim ke Banjarnegara, Indramayu, Subang dan lain-lain,” sambung Prima Luna. 

Kegiatan Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang ini akan direkomendasikan kepada pengelola-pengelola korporasi petani Karawang.

Prima-Luna-Bimbingan-Teknis-Milenial-Maju-dan-Sukses-Bersama-Korporasi-Petani-Demfarm-Karawang
Prima Luna, Ph.D., selaku Penanggung Jawab Kegiatan Demfarm Korporasi Karawang saat tampil di penghujung acara Bimbingan Teknis “Milenial Maju dan Sukses Bersama Korporasi Petani Demfarm Karawang”.

“Ilmu yang sudah diberikan selama 3 hari ini, mudah-mudahan bisa diaplikasikan untuk kebutuhan pribadi dan pengelolaan bisnis seperti B to B dengan Demfarm Karawang. Dan khususnya untuk di Karawang akan diseleksi lagi agar teman-teman bisa aktif di Demfarm Karawang,” tutup Prima Luna di akhir acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.